Tuesday, March 29, 2016

Trisomy Awareness Month

Seperti yang pernah saya mention di Instagram, Maret adalah bulan Trisomy awareness.

Hampir semua orang mempunyai 23 pasang kromosom yang jika ditotalkan menjadi 46 kromosom. Kromosom ini termasuk DNA dan material lainnya "membentuk" satu individu.

Beberapa orang memiliki kondisi yang disebut "trisomi" - mempunyai kelebihan satu kromosom di hampir setiap selnya, menjadi 47 total kromosom.

Satu sel kromosom menyebabkan berbagai jenis gangguan kesehatan, dari yang ringan sampai berat.
3 tipe trisomy yang paling sering terjadi.

  • Down Syndrome. Ini mungkin yang paling sering anda dengar. Terjadi pada setial 691 kelahiran di Amerika. Anak dengan down syndrome, biasanya mempunyai keterbelangkangan mental.
  • Edward Syndome. Ini merupakan yang terjadi pada malaikat kecil saya Valleria. Terjadi setiap 5000 kelahiran setiap tahunnya. Biasanya memiliki kelainan pada jantung and bahaya kesehatan lain yang mengancam jiwa.
  • Patau Syndrome, terjadi 1:10.000 kelahiran. Sewaktu Valleria dirawat di rumah sakit Harapan Kita, ibu disebelah saya anaknya ternyata trisomy 13. 

Sebenarnya masih banyak trisomy lainnya. Tapi mungkin itu sudah jarang terdengar. Lagipula, kalao Valleria bukan trisomy 18. Sampai hari ini mungkin saya juga tidak tahu apa itu trisomy :)

And I got this special website that makes my heart smile :)
Check this link

Dan 18 Maret merupakan Trisomy 18 Awareness day!
We are going blue that day!  Just to support para warrior yang masih berjuang dan juga mengenang malaikat-malaikat yang telah berpulang.









By the way, you can purchase my husband shirt. This shirt was made for Bayou Blue Foundation, one of charity organization manage by one of trisomy 18 mom. You can reach her at Instagram, @Adiamorris
Her daughter, Bayou, is celebrating her 15 months birthday this March!
I know for you it's just 15 months, but for trisomy babies ? That's superb! She beats the odds !

No comments:

Post a Comment