Tuesday, May 3, 2016

what happen to my skin?

Akhir-akhir ini aku lagi suka banget sama skincare.
Buat aku, setiap kali beli produk skincare baru dan coba pas malam hari. Aku berasa tiap bangun pagi, wajah jadi lebih glowing dan berseri-seri. Haha. Perasaan doank kali ya.
Tapi aku memang sekarang benar-benar lagi nyari skincare yang bisa bikin kulitku lebih bercahaya.
Permasalahan kulitku itu pori-pori yang besar di hidung dan sekitarnya. Jadi banyak sekali whitehead-blackhead di sekitar sana. Dan cenderung berminyak di area T.
Tapi setiap kali habis coba skincare baru. Aku dulu selalu berpikiran takut ga cocok dan nanti malah jerawatan. Ternyata setelah aku research, berbagai macam reaksi dari kulit kita terhadap skincare itu belum tentu ga cocok/break out loh. 

1. Purging
Skin purging itu artinya "pembersihan" kulit. Purging terjadi untuk "membersihkan" kotoran, jerawat, flek dan lainnya yang menyumbat pori. Jadi memang sudah ada sebelumnya, tapi ga terlihat di permukaan kulit. Purging adalah proses, oleh karena itu jangan berhenti menggunakan produk saat purging masih berlangsung. Dan umumnya terjadi berminggu-minggu. Jadi sabar yaa...
Yang problem kulitnya makin banyak, masa purging juga akan semakin lama.
Purging ditandai dengan kulit yang makin menjadi, setelah itu menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik . Kalo dalam jangka waktu lama (lebih 3 bulan) kondisi kulit kamu makin memburuk dari hari ke hari, ngga ada progres membaik, itu break out.

2. Reactive skin
Reactive skin disini terjadi karena ganti skincare. Kemungkinan bakal berangsur-angsur normal kembali seiring dengan kemampuan kulit untuk mentolerir produk tersebut atau setelah kita langsung berhenti pakai.
Yang punya kulit rentan jerawat atau sensitif, mungkin pernah ngalamin. Misalnya pake skin-care-baru, jadi muncul whitehead, jerawat satu-dua, abis itu ilang dan kulit jadi damai sentosa lagi. Kulit kayak kaget, trus habis itu adaptasi. Ini yang disebut dengan reactive skin. Lambat laun kulit bakal mentolerir produk baru itu.
Lamanya reactive skin karena produk baru juga tergantung kulit kita masing-masing dan produk yang digunakan. Kadang ada yang butuh waktu 2 bulanan sampe kulitnya bisa menerima produk barunya, ada juga yang cuma butuh semingguan atau 2-3 hari. Kalo ngga tahan atau khawatir dengan reaksi kulit, skin carenya bisa langsung distop atau diselang-seling.
Tips aku, kalao kulitku lagi bereaksi terhadap skincare yang aku pakai, aku pakai AVENE Thermal Spring water. Itu bagus banget buat kulit sensitive.

3. Break Out
Penyebab : nyoba treatment, produk skin care atau make up baru, hormonal, gangguan pencernaan, stres, faktor lingkungan, dll.
Break out ditandai dengan kulit yang mulus ngga bermasalah, tau-tau muncul jerawat meradang, kulit perih kering mengelupas, atau perubahan yang tidak wajar lainnya.
Gejala di masing-masing orang juga berbeda.

TIPS :Yang kulitnya sensitif kalo coba skin care atau make up baru baiknya diolesin di lengan atau belakang telinga.

Remember: purging, reactive skin, dan break out gejalanya mirip, tapi pada dasarnya beda banget. Jadi, kita mesti tahu kondisi dan perubahan kulit selama menggunakan skincare tertentu.

Pengalamanku waktu pertama pakai sk-ii Facial treatment essence, aku ngalamin yang namanya purging. SPG counter waktu beli udah bilang, kalao memang kulit kita ada masalah, dia bakal mengeluarkan semuanya dulu baru kemudian kulit kembali mulus.
Purging aku itu di sekitar telinga dan dagu kanan kiri saja.Selama purging, kalau diperhatikan, jerawat ku dan bintik-bintik kecil muncul hanya dibagian itu-itu saja. Dan area lainnya makin halus dan kenyal.
Jadi aku tetap pakai sampai sekarang. dan hasilnya? aku lebih puas dengan kulitku yang sekarang.
Setiap hari nya aku juga sekarang sudah jarang pakai BB cream dan sejenisnya. Aku cukup pakai skincare and Sunblock!

Yang sebaiknya dilakukan saat mengalami purging adalah...
(1) selalu pakai sunblock!
(2) selalu double cleansing kalao pakai makeup
(3) Dan perhatiin setiap produk skincare yang kita pakai.
(4) Terakhir : SABAR!

Mau kulit mulus, glowing, bercahaya ya harus sabar!

If you want to change, you have to be willing to be UNCOMFORTABLE. 
Sesuatu yang instant datangnya akan cepat juga hilangnya. 
Jadi pakai skincare itu harus sabar! 

1 comment: